Rencana Tindak Lanjut

 Dian Islamiati, S.Pd

SMK NEGERI 1 KEDAWUNG

 

 

RENCANA TINDAK LANJUT

 

LATAR BELAKANG

Setelah memahami dan melaksanakan beberapa kegiatan praktek dilapangan langkah selanjutnya adalah refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan. Hal ini perlu dengan tujuan perubahan kearah yang baik terhadap kegiatan dimasa yang akan datang. Hal ini pula agar dapat melihat kekurangan dan kelebihan dari kegiatan untuk memperbaiki dan mempertahankan hal – hal positif sehingga perlu untuk membuat rencana tindak lanjut setelah melakukan refleksi.

Rencana tindak lanjut merupakan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan setelah melaksanakan refleksi dan evaluasi dari kegiatan sebelumnya. RTL adalah suatu program berkelanjutan dari program yang telah dilakukan. Ini membutuhkan perencanaan secara matang karena berkaitan dengan program yang akan dilaksanakan selanjutnya termasuk di dalamnya ada kordinasi dan kolaborasi dengan pihak yang akan terlibat. Rencana tindak lanjut merupakan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan setelah melaksanakan refleksi dan evaluasi dari kegiatan sebelumnya.

TUJUAN

Tujuan penyusunan rencana tindak lanjut ini adalah :

  • Menyusun RTL sesuai dengan kondisi di lapangan saat kegiatan pembelajaran berlangsung
  • Mewujudkan keterlaksanaan dari RTL yang sudah disusun
  • Mengidentifikasi hambatan – hambatan yang akan muncul saat pelaksanaan RTL
  • Memecahkan hambatan – hambatan yang akan muncul saat pelaksanaan RTL

KEGIATAN

RTL 1

Rencana Kegiatan

Waktu

Tempat

Pihak Terkait

Materi Penyusunan RPP

Rabu, 04 September 2024

Ruang Guru

Guru

RTL 2

Rencana Kegiatan

Waktu

Tempat

Pihak Terkait

Persiapan Best Practice

Senin, 09 September 2024

Ruang Guru

Guru

Penyusunan Best Practice

HAMBATAN

Dalam upaya pelaksanaan rencana tindak lanjut, tentunya akan mengalami beberapa hambatan yang mungkin akan terjadi seperti :

  1. Keterbatasan alat bantu/ media belajar, seperti laptop, yang mendukung pembelajaran.
  2. Kelemahan daya serap belajar yang dialami guru senior berusia di atas 50 tahun (lemah IPTEK).
  3. Durasi waktu yang kurang panjang.

SOLUSI

  1. Bekerjasama dengan pengelola Lab. Komputer untuk peminjaman laptop bagi peserta desiminasi yang tidak memiliki laptop.
  2. Melakukan pembelajaran model Jigsaw dengan menempatkan guru senior berdampingan dengan guru muda yang akan bertindak sebagai tutor/ pendamping belajar.
  3. Memanfaatkan tutor/ pendamping belajar untuk membimbing peserta yang kesulitan dalam proses desiminasi.

 

Dokumentasi Kegiatan

Tahap Persiapan

 

Tahap Pelaksanaan Diseminasi

Pelaksanaan Aksi Nyata

Pembiasaan untuk Membaca Ayat Suci Al-Qur’an sebagai perwujudan Profil Pelajar Pancasila yaitu Beriman kepada Tuhan YME

 


Proses Pembelajaran di Kelas dengan menggunakan media sesuai perkembangan zaman





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tour Commentary of City Tour (on Board)

TOUR COMMENTARY OF TRANSFER-IN

PERENCANAAN ASPEK PRODUKSI