Rencana Tindak Lanjut
Dian Islamiati, S.Pd
SMK NEGERI 1 KEDAWUNG
RENCANA
TINDAK LANJUT
LATAR
BELAKANG
Setelah
memahami dan melaksanakan beberapa kegiatan praktek dilapangan langkah
selanjutnya adalah refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan. Hal ini
perlu dengan tujuan perubahan kearah yang baik terhadap kegiatan dimasa yang
akan datang. Hal ini pula agar dapat melihat kekurangan dan kelebihan dari
kegiatan untuk memperbaiki dan mempertahankan hal – hal positif sehingga perlu
untuk membuat rencana tindak lanjut setelah melakukan refleksi.
Rencana
tindak lanjut merupakan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan setelah
melaksanakan refleksi dan evaluasi dari kegiatan sebelumnya. RTL adalah suatu
program berkelanjutan dari program yang telah dilakukan. Ini membutuhkan
perencanaan secara matang karena berkaitan dengan program yang akan
dilaksanakan selanjutnya termasuk di dalamnya ada kordinasi dan kolaborasi
dengan pihak yang akan terlibat. Rencana tindak lanjut merupakan rencana
kegiatan yang akan dilaksanakan setelah melaksanakan refleksi dan evaluasi dari
kegiatan sebelumnya.
TUJUAN
Tujuan penyusunan rencana tindak lanjut ini adalah :
- Menyusun RTL sesuai dengan kondisi di lapangan saat kegiatan pembelajaran berlangsung
- Mewujudkan keterlaksanaan dari RTL yang sudah disusun
- Mengidentifikasi hambatan – hambatan yang akan muncul saat pelaksanaan RTL
- Memecahkan hambatan – hambatan yang akan muncul saat pelaksanaan RTL
KEGIATAN
RTL 1
Rencana Kegiatan |
Waktu |
Tempat |
Pihak Terkait |
Materi Penyusunan RPP |
Rabu, 04 September 2024 |
Ruang Guru |
Guru |
RTL 2
Rencana Kegiatan |
Waktu |
Tempat |
Pihak Terkait |
Persiapan Best Practice |
Senin, 09 September 2024 |
Ruang Guru |
Guru |
Penyusunan Best Practice |
HAMBATAN
Dalam upaya pelaksanaan rencana tindak lanjut, tentunya akan mengalami beberapa hambatan yang mungkin akan terjadi seperti :
- Keterbatasan alat bantu/ media belajar, seperti laptop, yang mendukung pembelajaran.
- Kelemahan daya serap belajar yang dialami guru senior berusia di atas 50 tahun (lemah IPTEK).
- Durasi waktu yang kurang panjang.
SOLUSI
- Bekerjasama dengan pengelola Lab. Komputer untuk peminjaman laptop bagi peserta desiminasi yang tidak memiliki laptop.
- Melakukan pembelajaran model Jigsaw dengan menempatkan guru senior berdampingan dengan guru muda yang akan bertindak sebagai tutor/ pendamping belajar.
- Memanfaatkan tutor/ pendamping belajar untuk membimbing peserta yang kesulitan dalam proses desiminasi.
Dokumentasi
Kegiatan
Tahap
Persiapan
Tahap
Pelaksanaan Diseminasi
Pelaksanaan
Aksi Nyata
Pembiasaan
untuk Membaca Ayat Suci Al-Qur’an sebagai perwujudan Profil Pelajar Pancasila
yaitu Beriman kepada Tuhan YME
Proses
Pembelajaran di Kelas dengan menggunakan media sesuai perkembangan zaman
Komentar